10 Sekolah Penerbangan Terbaik di Indonesia

By | October 13, 2017

Dunia penerbangan menawarkan karir yang sangat menggiurkan terutama pilot, yang terkenal dengan gajinya yang selangit. Untuk pilot lulusan baru, biasanya mereka digaji sekitar 25 sampai 35 juta rupiah setiap bulannya. Namun seiring dengan berjalannya waktu, setelah mereka semakin berpengalaman maka karirnya akan meningkat, begitu juga gajinya. Bahkan, gaji pilot professional bisa setara dengan gaji presiden. Untuk mewujudkan cita-cita tinggi tersebut, langkah pertama adalah menempuh pendidikan di sekolah penerbangan. Ada banyak sekali pilihan yang bisa kalian pertimbangkan. Kalian bisa memilih salah satu dari 10 sekolah penerbangan terbaik di Indonesia berikut ini.

Eagle Air Indonesia: Sekolah Penerbangan No 1 di Indonesia

Jika kalian mencari sekolah pilot yang paling bagus di Indonesia, Eagle Air Indonesia adalah jawabannya. Semua orang sudah tahu tentang kualitas sekolah pilot yang satu ini. Tak heran jika sekolah ini menempati urutan rangking pertama dalam 10 sekolah pilot terbaik Indonesia. Dibandingkan dengan sekolah-sekolah penerbangan lainnya, Eagle Air Indonesia cukup terjangkau karena biaya pendidikannya total hanya mencapai 33 dolar Amerika atau sekitar 450 an juta rupiah sedangkan sekolah lainnya bisa mencapai hingga 60 juta rupiah atau bahkan lebih.

Kemudahan dalam Bersekolah di Eagle Air Indonesia

Seperti kita ketahui, biaya pendidikan di Eagle Air Indonesia termasuk murah. Selain murah, ternyata sistem pembayarannya juga mudah. Jika biaya pendidikan yang ditawarkan masih terlalu berat, kalian bisa membayarnya dengan sistem cicilan. Bahkan sistem pencicilan biaya pendidikan bisa dilakukan hingga 60 bulan. Padahal, untuk lulus dari sekolah pilot ini, kalian hanya butuh waktu sekitar 8 bulan saja. Artinya, kalian bisa melunasi cicilan biaya pendidikan setelah kerja. Tentu saja, ini sangat mempermudah kalian. Seperti kita tahu, karir di dunia penerbangan adalah salah satu karir yang paling bagus dengan gaji besar.

Kenapa Harus Eagle Air Indonesia?

Ada banyak sekali sekolah penerbangan di Indonesia. Namun, Eagle Air Indonesia bisa dikatakan sebagai pilihan terbaik karena banyak faktor. Selain kemurahan dan kemudahan, sekolah ini sudah terbukti memiliki lulusan-lulusan terbaik yang sudah sukses menjadi pilot professional. Selain itu, sekolah ini juga membentuk keyakinan serta memperbanyak pengalaman. Mereka memiliki pengajar-pengajar yang sudah sangat berpengalaman sehingga wawasan siswa akan semakin luas. Mereka juga memiliki tujuan untuk bisa mencetak pilot-pilot profesional yang bukan hanya berkompetensi tetapi juga bertanggung jawab serta mengutamakan keamanan dan memiliki kemampuan melayani penerbangan di dunia.

Untuk mewujudkan cita-citanya, Eagle Air Indonesia menerapkan sistem Disiplin & kekeluargaan dalam kegiatan proses belajar-mengajar sehingga semua lulusan dari sekolah penerbangan ini tidak pernah kecewa. Sudah terbukti, bahwa sekolah ini memiliki lulusan yang terbaik dibanding dengan sekolah sekolah lainnya. Dengan segala keunggulan yang ditawarkan, tak heran jika Eagle Air Indonesia disebut-sebut sebagai salah satu pilihan favorit dari 10 sekolah penerbangan terbaik di Indonesia. Jadi, jika kalian ingin meniti karir sebagai pilot, kami sarankan untuk mendaftar di sekolah penerbangan ini. Kami jamin hasilnya tidak akan mengecewakan.

Sekolah Penerbangan Lain dengan Kualitas Terbaik

Selain Eagle Air Indonesia, masih banyak lagi sekolah penerbangan yang bisa kalian pertimbangkan, meskipun secara ranking, kualitasnya masih di bawah Eagle Air Indonesia. Namun, kalian tetap perlu mengetahui sekolah-sekolah penerbangan yang lain dengan kualitas bagus di Indonesia. Jadi, kalian bisa membandingkan sekolah-sekolah tersebut dari segi kualitas, biaya pendidikan, dan lain sebagainya. Langsung saja, inilah sekolah-sekolah penerbangan yang memiliki kualitas terbaik di Indonesia setelah Eagle Air Indonesia:

  • Aero Flyer Institute

Aero Flyer Institute adalah salah satu sekolah penerbangan yang bisa kalian pertimbangan. Namun sebelum memutuskan untuk memilih sekolah ini, kalian perlu tahu apa saja yang ditawarkannya. Dimuali dari biaya pendidikannya, kalian perlu menyiapkan dana hingga mencapai 680 juta rupiah. Aero Flyer Institue memiliki kualitas yang bagus sehingga tak heran jika sekolah ini menjadi penyumbang pilot paling banyak di Batik Air dan juga Citilink. Sayangnya, biaya pendidikan yang tinggal dan pesawat latih yang masih sedikit menjadi kekurangan dari sekolah ini. Aero Flyer Institute beralamat di Banten, tepatnya di Serdang Wetan, Legok, Tangerang. Keputusan ada di tangan kalian apakah kalian tertarik dengan sekolah pilot ini atau tidak.

  • Preflight Pilot School

Preflight Pilot School juga bisa menjadi alternatif bagi kalian yang tertarik di dunia penerbangan, khususnya pilot. Namun, agar bisa masuk di sekolah pilot ini, kalian harus melewati seleksi yang cukup sulit dan panjang. Selain itu, kesempatan untuk bisa diterima juga sangat kecil karena hanya menerima 12 siswa setiap batchnya. Sekolah pilot ini berlokasi di Cakrabuan, Jawa Barat. Dari Jakarta, jarak tempuhnya sekitar 150 km. Untuk masalah biaya pendidikan, kalian harus merogoh kocek hingga lebih dari 600 juta rupiah. Namun jangan khawatir karena total biaya tersebut tidak harus langsung dilunasi tetapi bisa dicicil sampai 6 kali cicilan. Yang pasti, Proflight Pilot School menjadi salah satu 10 sekolah penerbangan terbaik di Indonesia.

  • Dirgantara Pilot School

Salah satu keunggulan sekolah pilot ini adalah karena memiliki bandara sendiri. Dengan bandara sendiri yang dimilikinya, Dirgantara Pilot School bisa lebih leluasa untuk mengajari praktek para calon pilot dari siswa didiknya. Tentu saja ini menjadi faktor pembeda dan nilai plus dibandingkan sekolah-sekolah lainnya. Biaya pendidikan yang dipatok memang cukup tinggi yaitu 680 juta rupiah.Namun, kalian bisa mencicil total biaya pendidikan tersebut sampai 15 kali cicilan. Jadi, pembayaran biaya pendidikan akan terasa lebih ringan. Meskipun umurnya masih tergolong baru, sekolah pilot ini sudah cukup populer. Jadi, Dirgantara Pilot School bisa menjadi alternatif yang bagus.

  • Nusa Flying School

Sekolah penerbangan berskala internasional ini adalah sekolah swasta yang mana dulunya bernama Nusa Flying Academy saat pertama kali berdiri tahun 2008. Termasuk salah satu 10 sekolah pilot terbaik di seluruh Indonesia, Nusa Flying School memiliki kantor pusat sekolah di Bandara Halim Perdanakusuma Internasional Jakarta sedangkan pusat pelatihannya di Bandara Budiarto Curug, Tangerang, serta Raden Inten, Lampung. Selain teori, para siswa juga dibekali pelatihan praktek. Mereka memiliki 8 pesawat latih dan berbagai infrastruktur lain. Total biaya pendidikannya memang cukup mahal yaitu mencapai 53 dolar Amerika. Namun, 90 persen lulusan dari sekolah penerbangan ini langsung memperoleh pekerjaan 2 bulan paska kelulusan.

  • Deraya Flying School

Selanjutnya, ada Deraya Flying School. Sekolah penerbangan ini sudah sangat populer di seluruh Indonesia. Awalnya, sekolah ini berasal dari PT Deraya sedangkan sekolah penerbangan ini dibangun tahun 1972, 5 tahun setelah PT Deraya dibuat. Biaya pendidikan yang ditawarkan memang membuat orang mengelus dada karena sangat tinggi, yaitu mencapai 71 dolar Amerika. Mereka memiliki 8 pesawat latih yang siap dipakai latihan setiap harinya. Sebagai sekolah pilot yang sangat senior, tak ada yang perlu diragukan dari sekolah penerbangan ini. Jadi, banyak orang yang tertarik bersekolah di sana.

  • President Flight School

President Flight School atau dikenal dengan PFS juga termasuk satu dari 10 sekolah penerbangan terbaik di Indonesia. Sekolah penerbangan ini berlokasi di President University di Jababeka, Cikarang, Bekasi. Namun, sekolah pilot ini bekerjasama dengan Epic Flight Academy di Florida, Amerika sehingga untuk pelatihannya berada di Florida Amerika. Pastinya, biaya hidup di sana lebih tinggi dibanding dengan di Indonesia. Untuk biaya pendidikannya terbilang cukup tinggi yaitu mencapai 50 ribu dolar Amerika.

  • Lombok Institute of Flight Technology

Sekolah penerbangan yang dikenal dengan nama LIFT ini sudah beroperasi sekitar 7 tahun dan memiliki 3 lisensi yaitu IR, CPL dan PPL. Dengan 150 jam terbang actual, pelatihan di sekolah pilot ini dilakukan di Mataram. Total biaya pendidikan yang dibebankan memang sangat tinggi mencapai 700 juta an. Biaya tersebut belum termasuk biaya pendaftaran sebesar 9 juta rupiah. Lama durasi untuk menempuh pendidikan di sekolah penerbangan ini umumnya adalah 18 bulan. Untuk persyaratan pendaftarannya cukup mudah jadi kalian tidak perlu minder mendaftar di sekolah pilot ini.

  • Perkasa Flight School

Sekolah penerbangan ini masih tergolong baru karena baru berdiri pada tahun 2013. Sekolah pilot ini memiliki tempat latihan terbang di Pangandaran dan juga Cilacap. Dengan 4 tahun pengalaman yang dimiliki, sekolah ini menerapkan prinsip-prinsip keamanan dan keselamatan dalam penerbangan. Durasi pendidikan yang harus ditempuh sekitar 18 bulan. Untuk rincian total biaya pendidikan yang harus dikeluarkan, lebih baik menghubungi pihak sekolah penerbangan ini. Alamatnya ada di Rukan Puri Niaga II, blok J1/3F Puri Kembangan di Jakarta Barat.

  • Trans Asia Pacific Aviation Training

Yang terakhir adalah Trans Asia Pacific Aviation Training atau lebih dikenal dengan nama TAPAT. Sekolah ini berdiri sejak 2013. Artinya, mereka sudah memiliki 4 tahun pengalaman. Mereka juga memiliki lisensi lengkap termasuk PPL, CPL serta IR. Jam terbang actual yang ditawarkan adalah kurang lebih sekitar 160 jam. Untuk tempat latihan terbangnya berada di Sumenep, Madura. Biaya yang dibebankan sangat tinggi hingga mencapai 800 juta an rupiah. Biaya itu masih ditambah biaya pendaftaran yaitu 4,5 juta rupiah. Durasi pendidikan yang harus ditempuh di sekolah penerbangan ini sekitar 18 bulan atau 1,5 tahun. Untuk bisa diterima di sekolah pilot ini, kalian harus lolos beberapa persyaratan termasuk usia minimal 17 tahun, lulus SMA/SMK, lulus tes kesehatan, dan skor TOEIC minimal 400. Atau salah satu alternatif lainnya adalah STPI Curug.