Daftar Sekolah Pilot Dan Kinerja Sebagai Pilot

By | October 13, 2017

Menjadi seorang pilot adalah profesi yang membanggakan. Banyak orang memperebutkan posisi pilot, karena gajinya yang besar. Bila melihat sudut pandang gaji setiap bulannya, jelas profesi pilot sangat membanggakan. Namun pernahkah anda berfikiran bagaimana kerja sebagai pilot? Untuk menjadi seorang pilot, butuh sebuah perjuangan didalamnya. Sebab pilot merupakan orang terbaik diantara yang baik, jadi menjadi seorang pilot bukan hal yang mudah. Persaingan menyingkirkan jutaan pesaing jelas membutuhkan kerja keras. Tertarik jadi pilot? Artikel ini tentu bermanfaat bagi anda.

Sekolah pilot murah

Sama seperti sekolah atau perguruan tinggi lainnya, untuk jadi seorang pilot profesional, haruslah meneruskan jenjang pendidikannya di Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia atau STPI. Di Indonesia sudah cukup banyak sekolah penerbangan ditemukan, baik negeri ataupun swasta. Berikut ini beberapa sekolah yang dapat dijadikan referensinya.

  1. STPI Curug Banyuwangi

Dulu sekolah ini termasuk sekolah negeri dengan biaya yang sangat ringan. Kendati subsidi dari pemerintah telah dicabut, STPI Curug Banyuwangi tetap memberikan biaya sekolah paling murah dibandingkan sekolah elit lainnya. Anda cukup menyediakan budget 500 juta saja untuk dapat belajar dunia dirgantara.

  1. Eagle Air Academy

bagaimana kerja sebagai pilot dapat dimulai dari Sekolah swasta ini. Eagle Air Academy mematok biaya pendidikan sebesar USD 40.000 atau sekitar 520 juta. Basis sekolah ini memang ada di Filiphina, namun ada kantor perwakilannya di Jakarta.

  1. All Asia Avation Academy (AAA Academy)

AAA Academy termasuk sekolah swasta yang cukup diperhitungkan. Pembayaran dengan sistem cicilan membuat banyak orang tua merasa lebih ringan bebannya. Adapun biaya pendidikan yang dibutuhkan sebesar USD 48.380 atau setara dengan 630 juta. AAA Academy juga membuka kantor cabangnya di Jakarta.

  1. AERO Flyer institute

Sekolah yang satu ini masih berada dalam satu naungan dengan Batavia Air. Ternyata AERO Flyer Institute menawarkan sistem pembayaran yang menyesuaikan lisensi penerbangan yang diambil oleh siswanya. Kelebihan sekolah ini pula, lulusan sekolah tersebut akan langsung diterjunkan guna memperkuat pasukan Batik Air dan Citylink. Nah biaya selama masa pendidikan berkisar USD 49.000 jika dalam rupiah senilai 637 juta.

  1. Bali International Flight Academy (BIFA)

BIFA jadi sekolah yang cukup favorit dan banyak diminati. Berdomisili di Bali dan Jakarta, membuatnya cukup mudah dijangkau bagi semua calon penerbang. Meskipun biaya pendidikan cukup mahal, namun kenyataannya BIFA mampu menyalurkan 244 pilot untuk beberapa maskapai seperti Garuda Indonesia, Air Asia hingga Lion Air. Prospek karir disana cukup menjanjikan memang, dengan biaya pendidikan sekitar 670 juta.

Mahalkah sekolah pilot?

Jika melihat biaya yang tercantum disetiap sekolah pilot tersebut, tentu nilainya cukup fantastis 500 juta lebih. Akan tetapi biaya ini sebenarnya adalah sebuah investasi dan awal dari bagaimana kerja sebagai pilot, dimana jika siswa mampu mengantongi lisensi penerbangan sebagai seorang pilot, meniti karir di dunia dirgantara bukan hal yang sulit. Gaji yang diperoleh setiap bulannya juga termasuk besar, misalnya saja gaji seorang Captain disebuah maskapai lokal setiap bulannya berkisar antara 40 hingga 70 juta.