Mengenal Berbagai Jurusan Di Sekolah Penerbangan

By | October 13, 2017

Untuk dapat masuk di jurusan ini, tentu anda juga akan menghadapi serangkaian tes yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Meskipun secara umum tes yang diselenggarakan tidak jauh berbeda, namun tingkatan tes yang diselenggarakan oleh jurusan MTU ini tidak terlalu ketat dan lebih longgar daripada jurusan penerbangan.

Sedangkan untuk prospek ke depan, lulusan MTU bisa bekerja di beragam jenis manajemen keudaraan, terutama pada perusahaan Angkasa Pura I dan II pada bagian AMC, AVSEC, maupun Marshalling. Untuk urusan gaji, lulusan ini memiliki gaji di atas UMR daerah.

     Jurusan Air Traffic Controller

Selain dua jurusan di atas, ada pula jurusan air traffic controller pada sekolah penerbangan yang bisa anda pilih. Jurusan ini merupakan salah satu jurusan di sekolah penerbangan yang cukup diminati siswa terutama bagi mereka yang bercita-cita ingin menjadi pengatur perjalanan pesawat. Jurusan ini termasuk dalam bidang keselamatan penerbangan.

Menarik memang untuk menyimak jurusan yang satu ini karena fungsinya yang sangat penting demi kelancaran penerbangan dan pengaturan bandara. Dalam jurusan ini, bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang harus dikuasai. Oleh karena itu, siapkan skill bahasa Inggris anda sebelum mendaftar pada jurusan ini di sekolah penerbangan.

Tes masuk untuk jurusan ini termasuk sama dengan jurusan yang lain. Hanya saja, sebagaimana yang sudah disinggung di awal, kecakapan bahasa Inggris menjadi hal yang lebih diutamakan dalam jurusan ini. Sampai hari ini, slot pegawai dari jurusan ini masih tergolong kurang. Oleh karena itu, anda memiliki peluang yang besar untuk bekerja di Kementrian terkait jika berhasil masuk di jurusan ini.

     Jurusan Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara

Bagi anda suka dengan peralatan elektronika, salah satu jurusan di sekolah penerbangan yang bisa anda pilih adalah jurusan teknik telekomunikasi dan navigasi udara atau sering disingkat dengan TNU. Seperti namanya, jurusan ini memiliki fokus pada hal telekomunikasi dan juga navigasi udara yang akan membantu mengamankan pesawat saat beroperasi.

Untuk masuk pada jurusan ini, tes standard semi militer akan diberlakukan. Namun, tentu, jurusan ini tidak mengikuti tes ketat sebagaimana yang diterapkan pada jurusan penerbangan. Prospek ke depan dari jurusan ini cukup terang karena ada beberapa bagian pekerjaan yang dapat diisi, seperti perawatan sistem elektronik pesawat, perbaikan sistem elektronik, maintenance peralatan eletronik bandara, dan lainnya. Untuk masalah gaji, lulusan dari salah satu jurusan terbaik di sekolah penerbangan akan mendapatkan gaji di atas UMR daerah.

Dari beberapa penjelasan di atas, kita dapat melihat bahwa sebenarnya ada banyak jurusan di sekolah penerbangan yang bisa anda pilih. Selain dari beberapa jurusan di atas, anda juga bisa memilih jurusan lainnya.