Tahapan Karir Seorang Pilot Dalam Dunia Penerbangan

By | October 13, 2017

Dunia dirgantara memang selalu memberikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Profesi ini dianggap sebagai profesi elit, mengingat sekolahnya yang tidak murah. Karir dalam dunia penerbangan juga jadi satu daya tarik yang jadi magned ketertarikan masyarakat akan dunia dirgantara. Apakah anda termasuk salah satunya yang tertarik dengan dunia penerbangan? Menjadi pilot memang sebuah impian, tapi jalan menuju kesana bukan tanpa rintangan. Banyak hal yang harus dilalui untuk jadi seorang pilot profesional. Untuk mengenal lebih jauh akan dunia dirgantara, simak ulasan lebih lengkapnya berikut ini.

Daftar Sekolah Pilot

Sekolah pilot bukan hanya swasta saja, adapula sekolah negeri dengan biaya yang berbeda-beda. Jika anda tengah bingung menentukan pilihan sekolah terbaik, berikut ini beberapa daftar sekolah pilot murah yang dapat dijadikan referensi pilihan.

  1. Eagle Air Academy

Disini Karir dalam dunia penerbangan seorang siswa akan diberikan materi dunia dirgantara dengan memperbanyak teori praktek yang ada. Simulasi penerbangan akan membuat para siswanya mengenal lebih dalam cara menjadi pilot serta membentuknya jadi pilot yang handal dan profesional. Biaya yang dibutuhkan sekitar USD 40.000 atau sekitar 520 juta.

  1. STPI

Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia atau biasa dikenal dengan STPi adalah sekolah penerbangan berlebel negeri. Tersedia empat jurusan yang dapat dipilih antara lain penerbangan, teknik penerbangan, keselamatan penerbangan dan manajemen penerbangan. Dulu biaya sekolah di STPI tergolong sangat murah hanya berkisar 30 jutaan. Sayangnya setelah subsidi dari pemerintah dicabut biaya yang diperlukan berkisar 500 juta. Nilai ini tetap dianggap paling murah dibandingkan sekolah lainnya.

  1. Akademi teknik dan Keselamatan Penerbangan

Sekolah yang berlokasi di Surabaya ini juga termasuk sekolah negeri. Bukan hanya profesi pilot yang digembleng dalam akademi ini, terdapat banyak profesi lain yang berkaitan erat dengan dunia dirgantara. Budget yang diperlukan untuk pendidikan hingga lulus disana berkisar 50 juta.

  1. Bali International Flight Academy (BIFA)

BIFA jadi sekolah yang cukup dilirik banyak masyarakat untuk memulai Karir dalam dunia penerbangan. Disana bukan hanya profesi pilot saja, terdapat 3 program study yang tersedia seperti pilot private license (PPL), commercial pilot license (CPL) juga intrument rating (IR). Biaya yang dibutuhkan juga berbeda berdasarkan lisensi yang diambil. Sekolah ini juga telah menyalurkan sekitar 244 pilot untuk berbagai maskapai lokal dan luar negeri. Biaya yang dibutuhkan untuk pendidikan disana sekitar 670 juta.

  1. AERO Flyer institute

Sekolah penerbangan yang satu ini masih berada dalam satu naungan dengan Batavia Air. Sistem pembayaran juga berdasarkan lisensi yang diambil siswa. Tapi keuntungan yang diperoleh menempuh pendidikan disini, lulusannya akan langsung disalurkan ke beberapa maskapai seperti Citylink atau Batik Air. Biaya yang dibutuhkan sebesar USD 45.000 dalam rupiah sebesar 637 juta.