Tips Terbaik Mendapatkan Beasiswa Untuk Sekolah Penerbangan

By | October 13, 2017

Sekolah penerbangan merupakan salah satu sekolah yang membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Untuk mendaftarkannya saja kita perlu mengeluarkan uang hingga puluhan juga untuk mengambil pendidikan penerbangan. Oleh karena itu, hanya orang-orang tertentu saja yang bisa mendaftarkan diri mereka ke sekolah penerbangan. Namun, walaupun begitu, anda yang memiliki cita-cita menjadi seorang pilot pun tidak perlu berkecil hati karena anda bisa mencari beasiswa untuk sekolah penerbangan yang bisa anda dapatkan untuk mengambil pendidikan penerbangan dan meraih cita-cita anda sejak kecil untuk menjadi seorang pilot. Cara ini merupakan salah satu cara ampuh untuk bisa masuk ke sekolah pilot dengan biaya rendah diberbagai lembaga pendidikan penerbangan baik yang ada di Indonesia ataupun yang berada diluar negri.

Namun, untuk mendapatkan beasiswa ini anda membutuhkan beberapa strategi khusus karena untuk mendapatkannya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa hal yang wajib anda perhatikan sebelum mengambil atau mendapatkan beasiswa pendidikan sekolah penerbangan. Salah satu hal yang wajib di perhatikan untuk mendapatkan beasiswa sekolah penerbangan adalah memperhatikan syarat-syarat menjadi seorang pilot ataupun penerbang. Persyaratan ini cukup rumit karena menjadi pilot memang memiliki tanggung jawab yang cukup besar saat menerbangkan pesawatnya diangkasa. Seorang pilot memiliki tanggung jawab yang besar sehingga persyaratan ini bisa dibilang cukup rumit dibandingkan dengan profesi-profesi lainnya.

Memenuhi persyaratan di sekolah penerbangan

Ada beberapa cara yang wajib diperhatikan bagi anda yang ingin mendapatkan beasiswa sekolah penerbangan. Namun, sebelum memperhatikan cara, ada baiknya memperhatikan persyaratan di sekolah penerbangan terlebih dahulu agar beasiswa bisa anda dapatkan dengan baik. Disini, anda diwajibkan mampu berpikir cepat untuk memutuskan suatu tindakan saat mengemudikan pesawat terbang. Tidak sampai disitu, anda juga wajib menjaga kesehatan dengan baik agar selalu dalam kondisi prima. Kesehatan merupakan salah satu hal penting dalam syarat mendapatkan beasiswa untuk sekolah penerbangan karena seseorang yang sehat biasanya bisa menjaga orang lain disampingnya. Dalam kesehatan ini, anda juga dituntut untuk menjaga kesehatan indra penglihatan anda dengan baik. Seseorang yang telah memiliki kelainan pada mata mereka tidak diperbolehkan menjadi seorang pilot sehingga otomatis mendapatkan beasiswa ini pun cukup sulit bagi anda yang memiliki masalah penglihatan.

Selain itu, anda juga wajib membiasakan diri untuk selalu bersikap disiplin. Hal itu dikarenakan seorang pilot dituntut harus selalu siap dalam mengembang tugas mereka. Mereka dilarang untuk bermalas-malasan karena kedisiplinan merupakan bagian dari tanggung jawab yang tidak boleh dianggap remeh bagi seseorang khususnya calon pilot terlebih saat menerbangkan pesawat mereka. Untuk di Indonesia sendiri, seorang pilot laki-laki diwajibkan memiliki tinggi badan minimal 170 centimeter dan untuk pilot perempuan minimal 165 centimeter. Sedangkan untuk ukuran kaki paling sedikit panjangnya adalah 100 centimeter karena akan berpengaruh terhadap kecepatan langkah atau berjalan. Jika syarat-syarat tersebut telah anda penuhi, maka berikut ini ada beberapa tips untuk mendapatkan beasiswa untuk sekolah penerbangan yang bisa anda dapatkan dengan strategi khusus untuk mendapatkannya.

Tips-tips mendapatkan beasiswa untuk sekolah penerbangan

Untuk mendapatkan beasiswa pendidikan sekolah penerbangan, anda perlu kerja ekstra keras karena peminatnya tidak hanya ratusan saja namun bisa mencapai ribuan. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips yang bisa anda pegang untuk mengajukan beasiswa ini,

  1. Belajar yang giat agar mendapatkan nilai pelajaran yang baik terutama mata pelajaran yang ada kaitannya dengan dunia penerbangan seperti IPA, Bahasa Inggris, Matematika, dan lain sebagainya. Mendapatkan nilai bagus pada mata pelajaran tersebut sangat membantu anda untuk mengajukan beasiswa. Selain belajar yang tekun untuk mendapatkan nilai terbaik.
  2. Tips lain yang wajib anda perhatikan adalah melakukan pendaftaran sekaligus dibeberapa sekolah penerbangan saat mengajukan beasiswa. Hal itu dikarenakan jika anda menemui kegagalan pada satu sekolah, anda masih bisa mengharap untuk mendapatkan beasiswa disekolah lain yang sudah anda daftarkan.
  3. Tips beasiswa untuk sekolah penerbangan selanjutnya yang wajib anda perhatikan adalah mencari informasi sendiri melalui situs website dari internet. Hal itu dikarenakan tidak semua sekolahan mendapatkan informasi tentang adanya beasiswa tersebut. Selain itu, mencari informasi melalui internet itu sendiri biasanya lebih rinci dan lengkap sehingga anda tidak bingung saat hendak mendaftarkan diri disekolah penerbangan pilihan anda.
  4. Saat mengajukan beasiswa, anda juga jangan hanya menyerahkan ijazah dan nilai raport saja yang dicantumkan. Namun, ada baiknya anda menyertakan juga beberapa berkas seperti piagam-piagam prestasi atau penghargaan yang pernah diterima selama bersekolah di tingkat SMA. Hal itu dikarenakan akan mendapatkan nilai tambah saat mengajukan beasiswa.
  5. Sedangkan tips terakhir yang wajib anda lakukan adalah selalu aktif dalam menindak lanjuti pengajuan beasiswa yang telah anda kirimkan. Dalam hal ini, anda bisa sering menanyakan tentang surat pengajuan anda apakah diterima atau sekedar menanyakan pengumuman hendak dipublikasi.

Cara-cara tersebut diatas sangat membantu anda untuk mengajukan beasiswa untuk sekolah penerbangan. Selalu bekerja keras merupakan kunci utama untuk mendapatkan beasiswa ini. Meskipun terlihat mudah namun tips-tips tersebut diatas juga hanya untuk orang-orang tertentu saja. Dalam artian, orang yang paling bersungguh-sungguh dan memang memiliki impian kuat menjadi seorang pilot. Hal itu dikarenakan perjuangan mereka untuk meraih beasiswa wajib dilaksanakan sejak berada di SMA/ SMK. Dengan kata lain, cara-cara tersebut diatas tidak bisa dilakukan untuk anda yang sudah lulus SMA terlebih jika saat sekolah anda kurang berprestasi atau selalu menyusahkan sekolah anda.